"Tekuni. Buat
diri Anda menjadi orang yang memiliki otoritas dan bangun kelompok pembaca
Anda" (Jeremy Schoemaker, dalam wawancara Blogguebo, 2008)
Pengantar:
Untuk seri ketiga
kali ini, wawancara dilakukan bersama Jeremy Schoemaker, blogger asal Amerika
Serikat dan pemilik situs Shoemoney.com yang tentu sudah tidak asing lagi bagi
Anda. Jeremy adalah salah satu tokoh make money from blogging yang dikenal
dengan situs Shoemoney.com dan memiliki penghasilan $120,000 pertahun atau
setara Rp. 1.132.440.269 per tahun (sebagai peringkat ke- 24 Blogger
Berpenghasilan Terbesar 2007, versi Paula Mooney). Jeremy mulai menjalankan
bisnis online dengan membuat sebuah situs game sederhana untuk Macintosh pada
saat masih duduk di bangku kuliah. Pengalaman berharga ini kemudian membawanya
ke jenjang yang lebih tinggi dengan mendirikan perusahaan dotcom, ShoeMoney
Media Group. Beberapa produk ShoeMoney Media Group diantaranya adalah Auction
Ads (yang sekarang merger dengan ShoppingAds),
Below a Buck (sebuah
situs lelang produk-produk berharga dibawah
satu dollar) dan
Elite Retreat (seminar online business).
Untuk selanjutnya,
silahkan disimak dan dipelajari wawancara berikut.
Semoga bermanfaat.
--------------------------------------------
1. Bagaimana pendapat Anda tentang blog-blog yang tidak berbahasa Inggris secara umum?)
Saya cuma tahu bahasa
Inggris (beberapa orang mungkin malah bilang saya juga nggak tahu bahasa
Inggris :)), tapi melihat banyaknya link balik yang saya dapatkan dari
blog-blog yang tidak berbahasa Inggris yang terlihat sangat kaya isi, saya kira
mereka telah melakukan sesuatu dengan sangat baik
2. Apakah menurut Anda blog-blog yang tidak berbahasa Inggris memiliki prospek yang bagus di dunia bisnis online?)
Tidak diragukan lagi.
Saat ini adalah saat yang sangat baik bagi blogblog yang tidak berbahasa
Inggris untuk mengukuhkan diri di dunia bisnis online. Alasan kenapa saat ini
begitu penting adalah karena belum adanya terlalu banyak pengiklan global
sehingga tidak terlalu besar pula motivasi bagi persaingan untuk menjadi orang
yang
memiliki otoritas.
Ini seperti saat beberapa tahun yang lalu bagi blogblog berbahasa Inggris
ketika orang membuat blog lebih karena kecintaan dan bukan karena uang. Dan
ketika para pengiklan datang mereka sudah mapan. Saya kira hal ini juga akan
terjadi pada banyak blog yang tidak berbahasa Inggris.
3.
3. Apa
keuntungan paling besar dari blog-blog yang tidak berbahasa Inggris bila
dibandingkan dengan blog-blog berbahasa Inggris di dunia bisnis online?
Terutama pada
kenyataan bahwa ini seperti sumber daya yang belum dimanfaatkan. Pasar
berbahasa Inggris sudah sangat jenuh di hampir semua niche yang
menguntungkan
4. Apa kesulitan atau hambatannya?
Saya kira rintangan
dan hambatan adalah sesuatu yang standar baik bagi blog berbahasa Inggris
ataupun yang tidak berbahasa Inggris. Satu hal yang sangat luar biasa mengenai
kondisi dunia kita saat ini adalah bahwa tidak terlalu menjadi soal dimana Anda
berada. Terutama untuk blog. Jika Anda berhubungan dengan banyak orang,
perlahan-lahan Anda akan membangun jumlah kelompok pembaca yang besar (dalam
bahasa apapun). Uang akan dengan sendirinya mengikuti.
eBay memiliki program
affiliasi untuk lebih dari 15 negara. Anda juga bisa mulai melihat situs-situs
kencan yang tidak berbahasa Inggris di banyak negara. Saya kira industri
perkencanan dan industri telepon selular akan semakin besar dan semakin banyak
di kawasan-kawasan yang tidak berbahasa Inggris.
Saya kira teknologi
baru dan berita-berita industri. Politik sepertinya bisa menjadi sesuatu yang
populer tapi saya tidak melihat akan memberikan banyak keuntungan.
7. Sementara
kebanyakan iklan online dalam bahasa Inggris, apa yang harus dilakukan
blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk mendapatkan kue iklan?
Saya kira blog-blog
yang tidak berbahasa Inggris punya keuntungan yang bagus bahwa mereka bisa
belajar dari kegagalan blogger-blogger berbahasa Inggris. Mereka juga bisa agak
lebih mudah menerjemahkan situs mereka ke dalam bahasa Inggris. Saya kira
banyak blog berbahasa Inggris nanti akan menerjemahkan isi situs mereka ke bahasa lain
ketika semakin banyak blogger yang tidak berbahasa Inggris masuk ke pasar
bisnis online.
8. Diantara
program-program ini: Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to
Click, Paid to Review, Independent Ads, Lainnya - mana yang akan
memberikan peluang lebih besar bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?
Saya akan bilang
menggunakan sesuatu seperti Rubicon Project adalah kuncinya. Mereka akan secara
otomatis melakukan geo target menampilkan iklan berdasarkan kode IP bagi
konsumen Anda. Ini artinya sesorang yang datang dari Meksiko hanya akan melihat
penawaran iklan yang ditujukan bagi mereka, barangkali orang-orang dari Amerika Serikat
hanya akan melihat iklan Adsense yang tampil. Ini akan memaksimalkan upaya
kampanye global Anda.
9. 9. pakah
menurut Anda blogger yang tidak berbahasa Inggris harus memaksakan diri mereka
untuk menulis blog dalam bahasa Inggris? Saya kira jika situs
tersebut ingin beranjak lebih kepada sebuah situs "berita" dan
memiliki anggaran untuk itu, maka jawabannya iya. Jika itu adalah blog dan
temanya adalah apa yang diminati oleh penulisnya maka saya akan menuliskannya
dalam bahasa selain Inggris dan melihat kemana ia akan menuju. Ini sesuatu yang
menantang untuk diuji coba.
10. Apakah
Anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek baru yang secara khusus ditujukan untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?
Tidak secara khusus
untuk blog. Ada beberapa orang yang menawarkan untuk menerjemahkan isi blog
saya ke dalam bahasa lain, tapi untuk saat ini saya cuma berpikir hal itu belum
terlalu penting.
11. Apa
saran Anda untuk blogger-blogger yang tidak berbahasa Inggris agar bisa tetap
bertahan di dunia bisnis online?
Tekuni. Buat diri
Anda menjadi orang yang memiliki otoritas dan bangun kelompok pembaca Anda
Thank you!
(Terima kasih)
Jeremy Schoemaker
Baca juga artikel
wawancara eksklusif bersama Skellie Wag
If you are looking for a good contextual ad network, I recommend you check out PropellerAds.
BalasHapus